8 Film Misteri Terbaik Dengan Sudut Pandang Berbeda

Salah satu alasan mengapa kita menikmati film misteri adalah teka-teki mengenai pertanyaan-pertanyaan dalam hidup yang tidak bisa dijelaskan secara logika. Mahluk halus, fantasi, kematian, psikis dan hal-hal lain diluar jangkauan manusia selalu menjadi topik yang selalu menarik untuk di tonton.

Berikut delapan film misteri yang wajib hukumnya untuk di tonton jika anda adalah penggemar film-film misteri . Film-film ini menyajikan sudut pandang yang lain mengenai hal-hal yang diluar kuasa manusia dan kekuatan cerita dalam film ini akan membuat anda bertanya-tanya setelah film ini berakhir.

Selamat menikmati!

1. I Saw the Devil (2010)

Apakah kita benar-benar mengenal diri kita sendiri? Pertanyaan ini adalah salah satu dasar pembangunan cerita film ini. Film Korea Selatan yang dibuat pada tahun 2010 mengambil kisah mengenai  pembalasan dendam seorang agen rahasia yang mengetahui tunangannya dibunuh oleh pembunuh berantai. Sang agen pun memburu pembunuh ini dan melakukan terror terhadap pembunuh tanpa mengenal belas kasihan.

Film ini menceritakan bagaimana manusia bisa menjadi mahluk yang sangat buas, bahkan sangat buas sehingga diri kita tidak menyadari apakah yang kita lakukan adalah baik atau buruk. Salah satu film Korea Selatan terbaik ini wajib masuk dalam daftar film “akan tonton” anda.

 

2. Jacob’s Ladder (1990)

Film yang mengambil latar Amerika Serikat pasca perang Vietnam ini bercerita mengenai  Jacob seorang  veteran perang Vietnam yang trauma pasca peperangan, trauma ini terus membayangi kehidupan Jacob dan beberapa temannya sesama veteran perang, kejadian-kejadian menakutkan terus membayangi kehidupannya.  Kejadian-kejadin ini akhirnya bermuara pada kejadian yang sulit dipercaya, bahkan oleh Jacob sendiri

Tokoh Jacob diperankan oleh aktor kawakan Tim Robbins yang juga bermain dalam film The Shawshank Redemption dan Mystic River.

 

3. Let the Right One In (2008)

Dingin dan kelam, kesan itulah yang dirasakan ketika menonton film besutan Tomas Alfredson ini, Film yang diadaptasi dari karya John Ajvide Lindqvist ini mengangkat kisah yang tidak biasa, kisah Persahabatan seorang vampire dengan seorang anak kecil.

Film ini berawal ketika Oskar seorang anak pengecut yang sering dibulli berkenalan dengan Eli tetangga baru yang datang dengan pamannya. Mereka kemudian menjalin persahabatan, ditengah perjalanannya Oskar mendapati bahwa Eli adalah seorang vampire yang berusia ratusan tahun. Mereka berdua akhirnya saling memberikan kekuatan.

Film yang sudah diadaptasi Hollywood dengan judul Let Me In ini diganjar dengan 60 penghargaan dari berbagai festival film diseluruh dunia.

 

4. Psycho (1960)

Salah karya klasik dari godfathernya film horror Alfred Hitchcock. Berkisah mengenai Lila Crane yang diperankan oleh Vera Miles yang mencuri uang perusahaan untuk memulai hidup baru. Dalam pelariannya menuju rumah pacarnya. Lila menginap disebuah hotel yg dimiliki oleh Norman Bates seorang pemuda yang seumur hidupnya selalu dalam bayang-bayang ibunya. Kisah pun berlanjut ketika Lila mulai mencium hal yang aneh dalam rumah yang ditinggali Norman.

Film yang dibuat tahun 1960 ini merupakan salah satu thriller terbaik pada zamannya, atau mungkin yang terbaik sepanjang masa. Kombinasi antara cerita dan  Hitchcock sound effect yang menjadi ciri khas karya-karya Hitchcock membuatnya menjadi salah satu legenda film dunia yang jelas tidak boleh anda lewatkan.

 

5. The Shining (1980)

Bagi anda pecinta film horror, film ini adalah salah satu film yang wajib untuk ditonton, bahkan banyak yang mengatakan ”Jangan sebut diri anda sebagai pecinta horror jika belum melihat The Shining”.

Di film inilah kita hanya bisa melihat bagaimana dua master berkolaborasi dalam sebuah film, ya masternya sutradara film-film misteri almarhum Stanley Kubrick dan dewanya novel-novel misteri Stephen King  berkolaborasi menciptakan film horror yang menegangkan. Penampilan yang memukau dari tokoh utama yang diperankan Jack Nicholson menambah label film ini adalah film horror terbaik sepanjang peradaban manusia.

Film yang menyajikan ketegangan dari awal sampai akhir ini bercerita mengenai  Jack Torrance, seorang Novelis yang menjaga sebuah hotel terpencil pada musim dingin bersama istri dan anak lelakinya. Disinilah kejadian-kejadian aneh dimulai, perubahan sikap Jack, serta anak lelakinya yang indigo melihat bermacam-macam kejadian yang menyeramkan. Kubrick dengan lihai membuat suasana mencekam dalam film sehingga membuat bulu kuduk anda berdiri.

 

6. Secret Window (2004)

Mort Rainey (Johnny Depp), seorang novelis dituduh melakukan plagiat oleh seseorang yang mengaku bernama John Shooter, orang asing ini terus menerus meneror kehidupan sang novelis. Rainey yakin bahwa karya yang ia buat merupakan asli, tetapi semakin ia meyakini bahwa tulisan yang dia buat asli, terror dari Shooter semakin kencang, bahkan ia tega membunuh siapa saja yang membanti Reiney

Sekali lagi harus diakui jika Stephen King adalah rajanya cerita misteri, king dengan cerdas meramu batas-batas antara kenyataan dan fantasi dengan sempurna di film ini.

 

7. The others (2001)

Apa reaksi anda ketika rumah yang anda tinggali ternyata dihuni juga oleh mahluk lain? Apakah kita harus mengusirnya atau berdamai dengan berbagi bersama mereka? Film yang dibintangi Nicole Kidman ini memberikan perspektif yang berbeda mengenai mahluk halus.

Grace Stewart yang tinggal bersama dua anaknya yang mengidap photosensitive atau alergi terhadap cahaya disebuah rumah besar, Grace Stewart harus menghadapi fakta, bahwa suaminya tidak pernah kembali dari peperangan.

Ibu dua anak ini juga, harus menyadari jika rumah yang ditinggalinya ternyata dihuni oleh mahluk lain, bisakah mereka menghadapi kenyataan ini? Harus diakui Film ini juga merupakan salah satu The best movie endings.

 

8. Pan’s Labyrinth (2006)

Film yang berlatar belakang Spanyol pada tahun 1940an ini mengisahkan Ofelia yang diperankan oleh Ivana Baquero, Seorang gadis kecil yang terpaksa untuk mengikuti ibunya yang tengah hamil untuk tinggal bersama suami barunya, Kapten Vidal.

Ditempat barunya Ofelia bertemu peri  yang memberi tahu ia jika ia adalah seorang putri dari sebuah kerajaan yang berumur ribuan tahun. Oleh peri itu Ofelia ditugaskan untuk melakukan tiga misi jika ofelia ingin kembali dan bertemu keluarga ia yang sesungguhnya. Misi inilah yang membawa ofelia ke dunia penuh misteri dan bertemu mahluk-mahluk menyeramkan.

Film yang ditulis dan sekaligus disutradarai oleh spesialis film fantasi Guillermo del Toro ini dinominasikan untuk 6 kategori Oscar tiga diantaranya diboyong pulang untuk kategori Best Achievement in Art Direction, Best Achievement in Cinematography dan Best Achievement in Makeup. Dominasi film ini juga ditegaskan dengan 74 penghargaan dari berbagai festival film diseluruh dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s